Rabu, 31 Maret 2010

Capture halaman web kedalam format gambar

Ketika browsing di internet, kadangkala kita menemukan sebuah halaman web yang isinya sangat menarik atau desainnya yang ciamik dan enak dilihat sehingga terbersit keinginan kita untuk menyimpannya kedalam komputer kemudian dibuka kembali secara offline.

Sebenarnya sangat mudah untuk menyimpan sebuah halaman web kedalam komputer yaitu dengan cara klik kanan mouse dan klik menu Save Page As, tetapi dengan cara tersebut kadangkala ketika dibuka secara offline ada beberapa elemen web yang tidak muncul,bahkan posisinya menjadi berantakan.

Cara praktis menyimpan sebuah halaman web yaitu dengan meng-capture kedalam format gambar, namun cara ini akan tidak berguna bila anda yang sering mencomot berbagai artikel berbentuk teks.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Silahkan anda klik link ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/66589 untuk mengunduh Screen  Capture Elite. Oh iya lupa ^_^ add-ons ini hanya berfungsi untuk browser firefox tidak pada browser lain.
2. Klik Add to Firefox dan instal seperti biasa, restart firefox anda.
3. Proses capture dilakukan dengan mengklik icon Screen Capture Elite di pojok kanan bawah jendela firefox hingga pointer mouse berubah menjadi tanda plus ( + ) klik tahan dan drag  mouse di area web yang akan di capture.


4. Setelah selesai lepaskan tombol mouse dan berikutnya akan muncul kotak dialog Save screen capture untuk menyimpan hasil capture.
5. hasil capture dapat disimpan dalam format png, dan jpeg.

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More